Perbedaan Motor Motocross (mx), Enduro, Dual Sport, dan Motard
Banyak dari kita masih menganggap bahwa motor berjenis motocross (MX),
enduro, dual sport, dan motard itu sama. Ya tidak mengherankan sih
karena tampilan keempat jenis motor ini pada dasarnya mirip-mirip.
Misalnya, bodi cungkring, kaki-kaki yang tinggi, dan spakbor depan yang
sangat khas. Padahal, keempat jenis motor itu memiliki perbedaan yang
sangat signifikan, baik dari segi spesifikasi maupun fungsinya. Apa saya
perbedaannya? Yuk kita kupas!
Selain itu, motor untuk motocross tidak legal digunakan di jalan raya karena tidak dilengkapi dengan perlengkapan standar jalan raya, seperti lampu depan, lampu belakang, lampu sign, klakson, spion, dan knalpot yang telah lolos uji emisi.
Berikut beberapa jenis motocross (mx)
1.KTM SX450F
2.YAMAHA YZ450F
3.HONDA CR450F
4.SUZUKI RM450Z (KEN ROCZEN)
5.KAWASAKI KX450F (LIVIA LANCELOT)
2. Enduro
Enduro merupakan uji ketahanan, baik untuk rider maupun motor itu sendiri dengan melewati berbagai rintangan. Misalnya di dalam hutan, rider harus melewati rintangan berupa ranting pohon yang rendah, batang pohon tumbang, jalanan berbatu, melewati sungai, naik turun bukit, jalanan berupa kerikil, pasir, bahkan lumpur dalam perjalanan yang lumayan jauh.
Last, keempat jenis motor itu kalau dilihat memang memiliki bentuk yang
mirip-mirip. Tapi kalau mau meneliti lebih jauh, motocross, enduro, dual
sport, dan motard memiliki spesfikasi dan fungsi yang berbeda, serta
memiliki kunggulan masing-masing.
SEMOGA BERMANFAAT
1. Motocross (MX)
Motocross adalah balapan motor off road
yang berlangsung di sebuah sirkuit yang sudah dipersiapkan. Karena ini
adalah sebuah balapan, maka spesifikasi motor yang digunakan juga tidak
main-main, seperti mesin berkapasitas 125-450 cc, sasis yang rigid, ban
pacul yang kembangannya besar-besar, dan shock keluaran merk ternama
yang memiliki kualitas sangat baik. Dengan spesifikasi dan performa yang
mumpuni, maka jangan heran kalau harga motor ini sangat mahal.
Selain itu, motor untuk motocross tidak legal digunakan di jalan raya karena tidak dilengkapi dengan perlengkapan standar jalan raya, seperti lampu depan, lampu belakang, lampu sign, klakson, spion, dan knalpot yang telah lolos uji emisi.
Berikut beberapa jenis motocross (mx)
1.KTM SX450F
2.YAMAHA YZ450F
3.HONDA CR450F
4.SUZUKI RM450Z (KEN ROCZEN)
5.KAWASAKI KX450F (LIVIA LANCELOT)
2. Enduro
Enduro merupakan uji ketahanan, baik untuk rider maupun motor itu sendiri dengan melewati berbagai rintangan. Misalnya di dalam hutan, rider harus melewati rintangan berupa ranting pohon yang rendah, batang pohon tumbang, jalanan berbatu, melewati sungai, naik turun bukit, jalanan berupa kerikil, pasir, bahkan lumpur dalam perjalanan yang lumayan jauh.
Motor untuk enduro dituntut memiliki
performa yang mumpuni, meskipun tidak seistimewa motor untuk motocross.
Terkadang motor jenis ini ada yang dilengkapi lampu utama untuk
kebutuhan enduro di malam hari. Ban yang digunakan untuk enduro juga
mirip dengan ban motocross, berupa ban pacul dengan kotak-kotak yang
besar dan jarang (tidak rapat). Biasanya motor enduro memiliki tangki
bahan bakar yang lebih besar mengingat kebutuhan endurance dengan jarak yang jauh.
Secara fisik memang tidak ada perbedaan
signifikan antara motor enduro dan motocross. Perbedaan mencolok baru
terlihat di spesifikasi, itupun jika kita begitu detail dalam
memperhatikannya. Soal harga, motor enduro tidak semahal motocross, dan
motor ini juga tidak legal digunakan di jalan raya.
Berikut beberapa jenis motor Enduro
1.YAMAHA WR450F
2.KTM 450EXC (SIXDAYS)
3.HONDA CRF450X
4.SUZUKI RMX450
5.KLX 450R
3. Dual Sport
Jika motor untuk motocross adalah
spesialis di sirkuit dan motor enduro spesialis trabas di hutan, lalu
bagaimana peran motor dual sport?
Motor dual sport atau yang biasa disebut
dengan motor trail adalah motor yang legal digunakan di jalan raya.
Motor dual sport memiliki kelengkapan seperti lampu utama, lampu
belakang, lampu sign, klakson, spion, speedometer, tempat pemasangan
plat nomor kendaraan, knalpot yang lulus uji emisi, dan bisa
diregistrasikan sehingga memiliki surat-surat yang lengkap.
Motor dual sport merupakan perpaduan
antara motor yang bisa dikendarai di jalan raya dan tidak canggung
ketika memasuki jalanan berupa semi off road maupun off road. Oleh
karena itu, motor dual sport juga biasa disebut dengan motor ‘all road’ atau ‘dual purpose’.
Dari sisi spesifikasi, motor dual sport memang tidak semantap motocross
dan enduro. Ban yang digunakan adalah tipe dual purpose, dimana ban ini
masih nyaman digunakan di jalan raya tapi juga baik saat digunakan di
jalan off road. Ukuran bannya pun mirip seperti motor motocross dan
enduro, yakni lingkar ban depan lebih besar dari ban belakang. Umumnya
motor-motor seperti inilah yang digunakan untuk riding adventure, yang
kadang melintas di kota, kadang melintas jalanan tengah hutan, kadang,
juga melewati kondisi jalan berlumpur.
Oh ya, sudah sejak lama ada fenomena unik nih di Indonesia, dimana motor
dual sport seperti Kawasaki KLX 150 atau KLX 250 dipretelin kelengkapan
standarnya dan dimodifikasi untuk keperluan enduro. Hal ini memang
sangat dimaklumi, mengingat harga motor dual sport seperti Kawasaki KLX
series jauh lebih murah jika dibandingkan dengan motor-motor yang khusus
untuk enduro. Apalagi motor-motor enduro itu kebanyakan masuk Indonesia
melalui importir umum (IU).
Beberapa jenis Dual sport
1.KTM 450EX
2.YAMAHA WR450R
3.SUZUKI DR450SE
4.KAWASAKI KLX250S
5.HONDA CRF250L
4. Motard (Supermoto)
Ini adalah persilangan antara motor dual
sport (trail) dengan motor jalan raya (street bike). Bentuknya tinggi
dan macho khas motor dual sport, tapi menggunakan ban halus yang nyaman
digunakan di jalan raya. Efeknya, motard akan kedodoran saat masuk ke
jalan semi off road maupun off road. Ukuran ban yang digunakan untuk
motard adalah sama, baik depan maupun belakang. Biasanya menggunakan ban
dengan ring 17 inch.
Berikut beberapa jenis motard (supermoto)
1.KTM450SMR
2.KAWASAKI 450KSX
3.SUZUKI 450RM (TRAVIS PASTRANA)
4.YAMAHA YZ450SM
5.HONDA CRF450M
SEMOGA BERMANFAAT
























Komentar
Posting Komentar